Berkendara-lah dengan Cerdas

Suatu hari, saya bertanya dengan teman saya “Kenapa sih orang cenderung marah-marah kalo lagi bawa kendaraan?” dia jawab, “Yaaa karena semua orang pengen cepet sampai tanpa hambatan laa,” hehe. Bener sih, tapi gak harus rusuh juga dong ?

Saya bilang rusuh karena sebagian orang berkendara minim perduli terhadap beberapa poin dasar. Seperti rambu-rambu lalu lintas dan kesopan santunan di jalan raya. Sampai kapan harus membiasakan kesalahan?

Sekiranya, saya sering berteriak ketika berkendara seperti ini ~

Saya rasa, orang yang pinter bawa kendaraan akan secara otomatis menggunakan lampu sein sebagai tanda Jangan Tabrak, Aku Mau Ambil Jalur Sebelah. Saya gak perduli mau ambil sein kiri jadinya belok kanan, hahaha. Ssetidaknya, dia punya kesadaran menyalakan lampu sein sebagai tanda kita untuk hati-hati.

  • Kalo mau belok kiri yaa ambil jalur kiri dong !

Ini nih yang kadang mengusik hati untuk sumpah serapah. Astagfirullah, Kita bicara rata-rata orang berkendara yang punya tujuan. Logikanya, orang itu pasti tau arah dong? Ketika mendapati jalan ramai dua arah dan tujuannya harus belok kanan, dari jauh udah menyalakan lampu sein dan ambil jalur kanan dong?

Faktanya, banyak orang belok mendadak, tanpa aba-aba. Bahkan di traffic light perempatan, masih adaaaa aja orang yang mau lurus tapi dia ambil jalur kiri, atau mau ke arah kiri tapi ambil jalur kanan. Oh ya Allah, lindungilah kita semua dari marabahaya di jalan raya 🙁

  • Pernah gak sih ngerasain di senterong pake lampu jarak jauh ?

Untuk ukuran Kota Kabupaten di daerah saya, jalan sepi dan gelap sering banget ditemukan. Hal itu jadi wajar jika beberapa kendaraan menggunakan lampu jarak jauh untuk kewaspadaan. Tapi kok ya kadang semacam tidak punya perasaan gitu yaa.

Misal gini, saya pernah mengalami lampu depan jarak pendek mati, mau gak mau harus pake lampu jarak jauh dong, tapi saya pake perasaan dikit tuh, kalo ada orang dari arah berlawan saya reflek ganti pake lampu sein atau matiin sebentar. as simple as that, i think.

  • Kenapa sih spionnya di buat kecil ?

Coba dibaca dulu kegunaan spion. Saya pribadi gak pernah PD menggunakan motor tak ber-spion. Ada nih supaya keren, kaca spion di modif sedemikian rupa jadi kecil dan pendek. Alih-alih safety, malah gak bisa liat apa-apa dan sama aja memaksa kepala noleh ke belakang, dan itu Bahaya rekk !

  • Dikira keren ya kenalpot yang berisik itu tuh?

Keren sama alay itu emang beda tipis sih. Tapi untuk urusan kenalpot berisik ini alay men, gak keren sama sekali. Sampai sekarang aku juga heran apa alasan mereka memodif kenalpot jadi berisik gitu. Apa supaya mendapat perhatian ?

  • Ih gak sadar amat bawa anak kecil tapi kenceng bawa motornya

Ini yang gak bener orang tuanya sih. Yang ada dipikiran saya cuma pengen turun dan ambil anaknya untuk saya anterin. huhuhu

  • Belom ijo kenapa udah tancap gas aja si !

Entahlah, kenapa beberapa orang amat tidak sabaran dengan traffict light. Padahal polisi lalu lintas istilahnya udah susah payah membuat simulasi lalu lintas agar berkendara aman dan tertib, supaya selamat.

Kalo melanggar sekalian mah bodo amat. Nah ini sudah terlanjur nunggu lama kenapa gak diterusin sampe bener-bener lampu hijau ? alamaaaak.

  • Tertib dong di belakang garis

Ini sama aja sih kaya pemikiranku tentang orang-orang yang dengan susah payah nge-cat jalan tapi sama sekali tidak dihargai penggunanya. Apa karena uang yang dipake buat nge-cat uang kita sendiri (pajak) gitu ya ~

Terlepas dari berkendara harus pakai helm, bawa STNK, harus punya SIM, gak boleh gonceng bertiga, dan aturan lain, kiranya seseorang yang sudah bisa berkendara adalah orang dewasa yang sudah baliq dan berakal. Ampas banget ketika ada meme ngejelekin perilaku masyarakat Indonesia yang justru disebarluaskan melalui sosial media. Dibilang kelakuan orang Indonesia tuh, hmm.

Menulis ini bukan berarti saya sangat baik berkendara, namanya manusia pasti banyak kurang. Tapi kalo kurang terus bukan manusia juga namanya. Well, mari sama-sama belajar dan mengingatkan. Ada keluarga yang selalu menunggu kehadiran kita. Semoga kita semua selalu diberi lindungan dari Allah SWT ~

Leave a Reply